Pendidikan Fisika FKIP Unila latih Guru Fisika SMA Kota Bandar Lampung

0

The-LhinkNews, Bandar Lampung– Pendidikan Fisika FKIP Unila mengadakan Pengabdian kepada Masyarakat melalui kegiatan Pelatihan Guru Fisika SMA Kota Bandar Lampung, Selasa, 28 Februari 2023 di Laboratorium Fisika SMAN 2 Bandar Lampung.

Kegiatan dengan “Judul Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Phyphox untuk Praktikum Fisika Sekolah” dilaksanakan atas kerja sama Pendidikan Fisika FKIP Unila dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika SMA Kota Bandar Lampung.

Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Phyphox penting dilakukan untuk menjawab kebutuhan siswa akan hands on learning activity untuk mengembangkan keterampilan abad 21 di tengah keterbatasan alat-alat laboratorium yang dimiliki para guru.

Melihat potensi yang ada di lapangan tersebut, tim Pendidikan FISIKA FKIP Unila memanfaatkan android dijadikan media pembelajaran alternatif.

Phypox (physical phone experiments) adalah aplikasi yang dapat membantu berbagai ujian di laboratorium fisika. Kelebihan program aplikasi ini dapat diunduh secara gratis, tetapi membutuhkan fitur smartphone tertentu karena Phypox tidak dapat disimulasikan jika smartphone tidak memiliki sensor yang disimulasikan.

Aplikasi Phyphox yang diperkenalkan ini nantinya dapat membantu dalam pratikum fisika lainnya seperti dalam percobaan tumbukan tidak lenting, percepatan sentripetal dan pegas. Aplikasi ini telah dirilis di Google Play Store dan AppleApp. Aplikasi Phypox awalnya dikembangkan oleh University of Aachen dan menggunakan smartphone sebagai sensor untuk mengoperasikannya.

Narasumber pada kegiatan ini adala Prof. Dr. Abdurrahman, M.Si. atau yang lebih dikenal dengan Prof. Abe, Pakar Pendidikan Fisika FKIP Unila dan Novinta Nurulsari, S.Pd., M.Pd. selaku Dosen Pendidikan Fisika Unila.

Selain menyampaikan hal-hal yang bersifat teori, dalam pemaparannya Prof. Abe juga langsung memberikan praktik langsung tentang penggunaan Phyphox.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pembelajaran fisika di SMA dan meningkatkan minat siswa utk berkarir dlm bidang Fisika khususnya dan sains umumnya, ” tegasnya.

Sementara Novinta Nurulsari menyampaikan, pelatihan ini dapat membekali guru-guru untuk melakukan inovasi pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi Phyphox untuk hands on acitivity dalam proses pembelajaran, serta menambah wawasan guru untuk mengembangkan unit-unit pembelajaran yang membutuhkan hands on acitivity atau praktikum langsung.

Vira Murti Ardhi selaku Ketua MGMP Fisika Kota Bandar Lampung menyambut baik kegiatan ini. Ia berharap kegiatan ini bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi guru fisika khususnya yang tergabung dalam MGMP Fisika Kota Bandar Lampung. (*)

(The-LhinkNews/red)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here