SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kota Metro meraih juara pertama Lomba Jajanan Anak Usia Sekolah (PJAS)

0

Metro –Thelink1news– SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kota Metro meraih juara pertama Lomba Sekolah dengan Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah (PJAS) Aman dalam kategori Sekolah Menengah Pertama. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Bandar Lampung (BPOM), Kegiatan ini dilakasanakan di Ballroom Swiss-Belhotel Lampung, Selasa (18/10/2022).

Dalam sambutan Kepala BPOM Bandar Lampung, Zamroni, mengatakan keamanan pangan adalah tanggung jawab bersama. Pengetahuan keamanan pangan dapat membantu komunitas sekolah mencapai persyaratan peraturan dan membantu kantin sekolah memahami bagaimana mempertahankan persyaratan untuk menjadi kantin sehat.

“Kantin sekolah merupakan tempat di sekolah yang menjual jajanan anak sekolah yang pembinaannya langsung dilakukan oleh lingkungan sekolah yaitu oleh guru, orang tua siswa, dan siswa itu sendiri. Hal ini berfungsi memberikan pelayanan kepada seluruh komunitas sekolah terhadap kebutuhan berbagai makanan, serta minuman yang aman dan bergizi, oleh karena itu SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan. Serta meningkatkan keamanan pangan di kantin sekolah dengan mengelola kantin yang apa adanya menjadi kantin sehat,” jelasnya.

Lanjutnya, pada Tahun 2022 ini sebanyak 160 sekolah yang tersebar di kabupaten/kota Lampung. Dari 160 hanya 40 sekolah yang dinyatakan lolos untuk mendapatkan Piagam bintang keamanan dan salah satunya adalah SMP MuAD Kota Metro. Piagam bintang keamanan pangan kantin sekolah (PBKPKS) Badan POM adalah piagam penghargaan yang diberikan oleh Badan POM RI kepada sekolah yang telah menyelenggarakan keamanan pangan kantin sekolah dengan baik.

Sedangan itu, Wakil Walikota Metro, Qomaru Zaman, saat mengahdiri pemberian penghargaan ini, mengatakan rasa bangganya kepada SMP MuAD atas meraih piagam bintang keamanan pangan kantin sekolah dari BPOM Lampung.

“Alhamdulillah SMP MuAD, Selasa 18 Oktober 2022 menerima piagam bintang keamanan pangan kantin sekolah dari BPOM Lampung sehingga menghadirkan kebanggaan sekaligus berita gembira bagi seluruh keluarga besar SMP MuAD Kota Metro. Semoga dengan sehatnya kantin sekolah SMP MuAD membawa dampak positif bagi peserta didik SMP MuAD khususnya dan menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain pada umumnya di Kota Metro,” kata Qomaru Zaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here