Walikota Metro melaunching Aplikasi MEWS_MW pada Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun 2022

0

Metro –Thelink1news– Walikota Metro melaunching Aplikasi MEWS_MW pada Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun 2022 yang berlangsung di Lapangan Samber Kota Metro, Minggu (27/11/2022).

Walikota Metro Wahdi mengatakan bahwa tanggal 27 November 2022 merupakan Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di Kota Metro.

“Sebelumnya, dalam rangka memperingati HKN ke-58 Pemerintah Kota Metro sudah banyak melakukan kegiatan. di mulai dari akhir bulan Oktober yang mana HKN jatuh pada tanggal 12 November, “ujarnya.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam rangka HKN ke-58, berkolaborasi dengan masyarakat melalui gerakan masyarakat hidup sehat, melakukan upaya-upaya apa saja yang bisa dilakukan masyarakat dalam pola hidup yang bersih dan sehat, serta Sanitaai Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang merupakan point dari pada kegiatan baik dalam segala yang masuk di 7 pilar Jama-pai.

“Insya allah semuanya dengan peran bersama menuju metro sehat 2023 akan tercapai, ” ungkap Wahdi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Erla Andrianti menuturkan kegiatan yang diadakan Dinas Kesehatan Kota Metro untuk memperingati HKN ke-58 merupakan wadah silaturahmi antar tenaga kesehatan, organisasi profesi, dan antar fasilitas kesehatan yang ada di Kota Metro untuk menumbuhkan semangat dan kesatuan dari pada peran tenaga kesehatan serta mewujudkan komitmen bersama organisasi perangkat daerah yang mendukung terciptanya Kota Metro sebagai kota sehat.

“Komitmen pimpinan atau Walikota Metro terhadap Kota Metro dalam hal kesehatan, yaitu pencapaian kota sehat dan Eradikasi frambusia, ” paparnya.

Nantinya, Erla Andrianti menjelaskan untuk pencegahan frambusia di Kota Metro, puskesmas akan melakukan pemeriksaan kepada anak-anak sekolah dasar memastikan anak-anak terkena frambusia atau tidak.

“Frambusia memiliki gejala timbulnya penyakit kulit yang terpapar karena kuman yang memunculkan benjolan kecil pada kaki dan bagian badan lainnya,” Jelasnya.

.Pada kegiatan yang sama, Erla Andrianti memaparkan bahwa Walikota Metro juga melaunching Aplikasi MEWS_MW yang merupakan aplikasi Early Warning Sistem yang diperuntukan bagi ibu hamil agar bisa mendeteksi kondisi sehingga tidak mengalami keterlambat dalam penangganan saat melahirkan, serta untuk menghindarhi dari kematian pada ibu maupun bayi.

Harapannya, Masyarakat Kota Metro dapat mendukung adannya Aplikasi MEWS_MW dengan mendownload barcode yang telah diedarkan di masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here