Dua Calon Mahasiswa Difabel yang Ikut Tes Seleksi Jalur Mandiri Unila Dapat Pendamping Khusus

0

ThelhinkNews, Bandar Lampung– Dua calon mahasiswa difabel tidak menyerah untuk mewujudkan mimpi mereka melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Keduanya yakni Prima Sahih Gunawan dari SMK Wiyata Karya dan M. Yazid Satria dari SMAN 1 Metro yang mengikuti tes seleksi jalur mandiri Universitas Lampung (Unila), Selasa, 4 Juli 2023.

Tes seleksi ini menggunakan metode Computer-Based Test (CBT) yang dilaksanakan di Gedung UPT TIK Unila.

Prima dan Yazid mendapat fasilitas ruang khusus di lantai satu gedung tersebut, karena kondisi fisik mereka yang memerlukan alat bantu. Masing-masing dari mereka mendapat satu pendamping khusus saat menjalani tes.

Prima mengatakan, ia sudah pernah melakukan tes serupa saat mengikuti tes UTBK SNBT 2023. Namun, dirinya merasa kurang siap saat itu karena waktu persiapan yang singkat.

Ia pun mengaku merasa lelah saat mengerjakan soal-soal tes.

Meski begitu, Prima tak patah arang. Ia tetap bersemangat untuk mengejar cita-citanya menjadi mahasiswa Unila.

Ia juga mengapresiasi pelayanan yang diberikan panitia dan pengawas tes.

“Saya merasa lebih nyaman dan terbantu di sini. Pengawas dan panitia sigap melihat kondisi saya yang seperti ini. Saya seharusnya tes di lantai tiga, tapi pihak panitia memberikan ruang khusus di lantai pertama untuk saya,” ungkap Prima yang datang dengan menggunakan tongkat penyangga.

Sementara itu dengan dibimbing orang tuanya, Yazid yang juga memiliki gangguan kesehatan pada kakinya, mengaku senang bisa mengikuti tes seleksi di Unila.

Yazid yang mengikuti tes dari atas kursi rodanya berharap bisa lolos dan menjadi mahasiswa S-1 Ilmu Hukum di Unila.

Ia mengaku tertarik dengan bidang tersebut karena ingin belajar lebih banyak tentang berbagai aspek hukum.

Dua calon mahasiswa berkebutuhan khusus ini menunjukkan bahwa tidak ada halangan untuk meraih impian.

Mereka berharap agar Unila dan perguruan tinggi lainnya dapat memberikan pelayanan yang ramah dan inklusif bagi semua calon mahasiswa, terutama yang memiliki kebutuhan khusus. (*)

(ThelhinkNews/red)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here